Backup data online: Gratis 5 Gb seumur hidup

Wednesday, May 25, 2011

Web Of Trust (WOT): Plugin Keamanan Browser (Firefox, Opera, Chrome, IE, Safari)

WOT: Plugin Keamanan Browsing Firefox
Apakah anda termasuk orang yang mengutamakan keamanan browsing?

Keamanan browser sangatlah penting karena browser adalah salah satu media yang rentan di bobol oleh para hacker. Karena itu para penyedia layanan browser (Opera, Mozilla, Apple, Google)
berlomba-lomba untuk memperkuat sistem keamanan dari browser keluaran mreka. Hal ini disebabkan oleh karena jika sekali saja browser tersebut berhasil dijebol hacker, maka ribuan orang akan menanggung dampak negatif dari software keluaran mereka.

Lalu bagaimanakah cara untuk memilih browser yang memiliki level keamanan yang memadai?

Sebagai orang awam, tentu kita sulit untuk mengidentifikasi browser. Namun apabila kita aktif mengikuti berita seputar teknologi pasti kita akan tahu browser mana saja yang bagus dan browser mana saja yang keamanannya lemah. Sebagai contoh: IExplorer sering direview karena kelemahan security-nya, atau Apple Safari yang rapuh terhadap serangan yang memungkinkan situs berbahaya membaca file-file yang ada di harddisk komputer tanpa sepengetahuan pengguna yang bersangkutan (PCWorld).

Pastinya kita akan menjauhi penggunaan browser-browser yang tidak aman tersebut, bukan?

Browser dari Mozilla (yaitu Firefox), Opera dan Google Chrome terkenal aman dan lebih stabil. Selain itu dapat ditingkankan keamanannya dengan adanya fitur plugin (add-ons). Anda dapat menginstall add-on Mozilla melalui (https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/). Untuk browser Opera melalui http://www.opera.com/addons/. Sedangkan untuk Google Chrome melalui: https://chrome.google.com/webstore?category=ext

Add-on yang cukup handal adalah Web Of Trust (WOT). WOT (Web of Trust) memperingatkan situs-situs yang akan mencoba melakukan scam kepada pengguna. Situs-situs yang akan mencoba menginfeksi komputer anda dengan malware, spyware atau semacamnya juga dapat ditangani. Pada tampilan ikon kode warna di WOT menunjukkan; hijau artinya aman, kuning artinya mencurigakan, merah artinya berbahaya.

Add-on Web of Trust (WOT) untuk Firefox ini dapat diunduh dari halaman web mereka. Web of Trust atau WOT adalah layanan plugin browser Internet yang dapat membantu dengan cepat dan mudah mengidentifikasi situs web berbahaya. Plugin ini memiliki basis data keamanan sangat besar karena melibatkan pengguna (community based) untuk ikut memberikan masukan tentang situs-situs yang berbahaya.

Jika Anda browsing Internet setelah program ini diinstal, ketika menemukan situs web yang tidak aman, WOT akan menampilkan pesan lengkap yang menunjukkan adanya bahaya dan harus dihindari. Tetapi jika ternyata menurut pengalaman anda situs tersebut ternyata aman, pesan ini dapat juga diabaikan

0 comments:

Post a Comment


Tab 2 content goes here

Copyright © 2011 Tips dan Trik Online. Theme by Indonesian Blogger | Blog Indonesia. Powered by Blogger