Backup data online: Gratis 5 Gb seumur hidup

Wednesday, May 25, 2011

Tip: Mengamankan Password Pada Firefox

Mengamankan Password Pada Firefox
Metode ini berguna untuk anda yang suka login ke akun-akun yang anda miliki (seperti facebook, Blogger, dan lain-lainnya). Anda dapat melakukan save password (ke dalam browser) untuk situs tersebut.

Setiap kali login ke akun yang sering anda pakai, anda tidak perlu selalu mengetik username dan password. Username dan password secara otomatis berisi username dan password yang sesuai yang telah tersimpan. Hal seperti ini dapat sangat membantu dan penting di komputer pribadi, komputer yang secara reguler hanya dipakai sendiri dan/atau keluarga, bukan orang lain. Jadi tidak ada masalah resiko pencurian password.

Tapi bagaimana jika ada teman atau siapa pun yang ingin broswing dengan komputer atau laptop yang anda miliki? Hal ini bisa membuat orang tersebut login dengan akun kita tanpa perlu tahu password kita, -karena password tersimpan pada browser.

Langkah-langkah berikut ini hanya berguna pada browser Mozilla Firefox.

Langkah pertama, klik Tools pada menu bar di browser Firefox anda, lalu pilih Options. Lalu pada jendela Options pilih tab Security. Pada tab Security Firefox tersebut ada checkbox Use Master Password. Centang kotak pilihan ini lalu isi password yang anda inginkan. Klik Ok jika telah selesai.

Firefox Master Password

Firefox Change Security Password

Dengan langkah seperti ini, setiap kali anda membuka dari awal browser Mozilla Firefox dan bila anda membuka sebuah situs yang anda pernah login, misalnya seperti Facebook, yang sebelumnya sudah ter-save password, maka akan tampil kolom seperti ini.

Firefox Master Password Form


Selanjutnya anda tinggal mengisi password sesuai dengan yang telah anda masukkan pada saat mengatur Master Password sebelumnya. Kolom isian password tersebut hanya akan tampil pada saat pertama kali anda membuka browser Firefox, tidak setiap membuka situs dengan akun yang telah ter-save passwordnya. Kecuali jika salah memasukkan master password Firefox tersebut, maka akan selalu tampil kotak isian password.

Keberadaan Master Password pada Firefox ini juga berguna bila ada yang iseng membuka-buka View page info melalui klik kanan browser. Page ini bisa untuk mengetahui informasi, apakah ada password yang tersimpan atau tidak. Jika ada tinggal di klik View Saved Password saja maka pasword yang tersimpan akan tampil. Akan tetapi jika anda sudah mengisi Master Password, jika ada orang yang ingin membuka atau Show Password maka akan tampil kotak dialog seperti gambar di atas.

Firefox Page Info View with Password

Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment


Tab 2 content goes here

Copyright © 2011 Tips dan Trik Online. Theme by Indonesian Blogger | Blog Indonesia. Powered by Blogger